Minggu, 04 Januari 2009

Perawatan kura kura Indiana star















Star Tortoise(Indian Star)

Dikenal dengan nama latin Geochelone elegans.

Kura ini banyak ditemukan di daerah India dan Srilangka. Memiliki bentuk karapas yang unik. Saat baby karapasnya berbentuk bulat. Ketika dewasa karapasnya akan berubah menjadi berundak-undak(pyramiding).
Jenis ini memiliki warna yang sangat mencolok, kuning(ada sedikit warna coklatnya juga). Selain itu corak karapasnya berbentuk menyilang(bintang), karena itu kura ini dinamakan star tortoise. UKURAN Laki-laki bisa mencapai sekitar 20cm Perempuan sekitar 30cm UMUR Bisa mencapai 30-35 tahun CIRI-CIRI - kura ini jelas kura darat - coraknya menyilang dan berwarna kuning, beberapa ada yang coklat, agak kemerahan juga ada.
- Ketika tumbuh dewasa karapasnya akan mengalami pyramiding.
- Kepala / jidatnya bergelembung - warna kulitnya juga kuning - kaki bergerigi PERAWATAN

Cara perawatan kura-kura ini cukup sulit.
Kenapa?? Ini pengalaman gue sendiri.hehehe...Gue punya anakan indian star.
Mereka ini rentan pada suhu udara yang dingin dan lembab.
Pada suhu dan udara seperti itu mereka mudah terserang pilek.
Bagi yang berencana mau memiliki kura-kura ini pikirkan dulu apa sanggup dan punya waktu untuk menjemur kura-kura ini. Perawatan secara outdoor dan Indoor jelas berbeda.

B
uat orang-orang yang merawat secara indoor perla sekali lampu penghangat seperti UVB (harganya mahal) tapi bisa juga pake lampu spotone(20-40 watt). Untuk perawatan secara outdoor, dibuat tempat agar kura-kuranya bisa berjemur dan berteduh. Jadi buat tempat agar kura ini bersembunyi kalau udara lagi lembab banget, angin besar, terlebih lagi hujan. Tapi menurut saya baby star tortoise lebih baik jangan dirawat secara outdoor( masih rentan sekali, beresiko). Hati-hati juga sama tikus, kucing dan binatang lainnya yang sekiranya bisa mengancam kura ini.

MAKANAN :
Star tortoise ini tergolong ke dalam kura-kura herbivora yang hanya memakan tumbuhan saja. Makanan yang baik : - okra - fumak - kaktus opuntia. - daun dan bunga petunia - rumput gajah - kembang sepatu Makanan yang diberikan sekali waktu (untuk variasi) : - kacang-kacangan - appel - pir - wortel - selada - oyong

JANGAN memberi makanan : - tomat - pisang - sayur kol - mentimun - brokoli

Taksonominya Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Class: Sauropsida Order: Testudines Suborder: Cryptodira Superfamily: Testudinoidea Family: Testudinidae Genus: Geochelone Species: G. elegans

1 komentar:

Muktiaabs mengatakan...

info bagus .. terimakasih.. untuk tahun 2014 harga istar 6-7cm berapa ya..? saya dulu pernah punya baby istar tapi karena salah perawatan (0utdoor) mati kena cuaca dingin.. kasihan.. padahal lucu sekali.. waktu itu sekitar tahun 2009 harga masih 300rb an untuk baby istar..